Wednesday, 15 February 2017

Mungkinkah Barcelona Membalikkan Keadaan dan Lolos Perempat Final Liga Champions 2016/2017 ?

Mungkinkah Barcelona Membalikkan Keadaan dan Lolos Perempat Final Liga Champions 2016/2017 ?
Mungkinkah Barcelona Membalikkan Keadaan dan Lolos Perempat Final Liga Champions 2016/2017 ?
Saya awalnya tidak terlalu menggemari olahraga sepak bola, namun sejak sekitar saya berada di bangku sekolah menengah pertama, saya mulai menggemarinya berkat kawan-kawan sepergaulan saya. Saya juga bukan secara khusus berprofesi sebagai pengamat atau penulis sepak bola, saya hanya menyalurkan hobi saya menulis. Kali ini saya akan menulis mengenai hasil pertandingan Liga Champions 2016/2017 antara Paris Saint Germain melawan Barcelona FC. Mari menyimak.

Liga Champions Eropa merupakan salah satu ajang sepak bola bergengsi di dunia. Setiap tahunnya jutaan pasang mata selalu menyaksikan pertandingan demi pertandingan yang dihelat. Tim-tim berjuang dengan penuh kesungguhan untuk menjadi yang terbaik, demi gengsi dan tentu saja uang yang menjadi hadiah turnamen tersebut.

Paris Saint Germain (PSG) yang merupakan salah satu klub terkaya di Eropa sejak dibeli oleh konsorsium dari Qatar menjelma klub yang hebat dan menakutkan setiap lawannya, walaupun secara tradisi mereka di Eropa masih belum kuat. Sejak beberapa tahun terakhir PSG memang selalu tampil dan bertanding di ajang Liga Champions Eropa, tapi pencapaian terbaik mereka hanyalah pada babak perempat final yang mereka raih pada musim 2014/2015. Kala itu mereka gagal melangkah lebih jauh ke semifinal setelah disingkirkan Barcelona. Nah, pada laga yang telah berlangsung dini hari tadi, PSG sekali lagi bertemu Barcelona di babak perdelapan final Liga Champions. Tentu saja hampir semua orang menjagokan Barcelona sekali lagi akan mampu menang atau menyingkirkan PSG dari ajang tersebut. Saya pun demikian.


Namun siapa sangka PSG menampilkan permainan yang sangat menawan hingga membuat Barcelona tampak mati kutu kala tampil di laga pertama babak perdelapan final di Parc des Princes kandang PSG. Sebelum pertandingan tersebut digelar, saya sendiri tidak memprediksi PSG akan mampu menang telak dengan skor 4-0 atas Barcelona. Pertimbangan saya, PSG musim ini belum atau tidak sehebat musim-musim sebelumnya saat mereka masih diperkuat Zlatan Ibrahimovic dan dilatih Laurent Blanc. Dalam beberapa laga Ligue 1 musim ini, PSG tampak kesulitan menghadapi lawan-lawannya, walaupun mereka tetap mampu duduk di peringkat 2 klasemen sementara liga. Namun di sisi lain, Barcelona musim ini juga tidak sehebat musim lalu. Barcelona dalam beberapa kesempatan memang masih mampu tampil superior atas lawan-lawannya di La Liga, khususnya melawan tim-tim yang di atas kertas kualitasnya masih di bawah mereka. Akan tetapi dalam beberapa kesempatan Barcelona kesulitan tampil bagus melawan klub yang lebih kecil dan bahkan mereka sempat dikalahkan oleh klub yang seharusnya mampu dengan mudah mereka tundukkan.

Berdasarkan fakta-fakta di atas, kemarin sore, saya memprediksikan bahwa pertandingan antara PSG melawan Barcelona akan berlangsung ketat dan menarik. Saya memprediksikan bahwa PSG memiliki kesempatan menang atas Barcelona mengingat performa Barcelona yang belum sebagus musim lalu. Saya memprediksikan PSG memiliki kesempatan menang dengan skor tipis, entah 1-0, 2-1, atau maksimal 2-0. Di sisi lain, saya juga memprediksikan Barcelona belum tentu juga akan kalah dari PSG mengingat tradisi dan sejarah pertemuan kedua klub dalam beberapa kesempatan terakhir.

Ekspresi Gembira Angel Di Maria setelah mencetak gol
Tetapi kemenangan telak 4-0 telah terjadi dan mengejutkan begitu banyak pihak. Barcelona tampak tidak berdaya dan mati kutu di hadapan seluruh punggawa PSG. Padahal Barcelona juga tampil full team dengan bintang-bintang mereka, Messi, Neymar, Suarez. Sungguh hasil pertandingan yang benar-benar mengejutkan dan diluar dugaan banyak pihak.

Nah, dengan kekalahan telak 4-0 dari PSG, kita mungkin perlu mulai menyimak dan menganalisa peluang Barcelona untuk lolos ke babak perempat final Liga Champions. Mungkinkah Barcelona membalikkan keadaan dan lolos ke perempat final Liga Champions 2016/2017 ? Jika melihat statistik dan tradisi yang ada sebelumnya, peluang Barcelona untuk lolos sangat kecil sekali dan bahkan bisa dibilang sudah tertutup. Fakta dan statistik sejauh ini menunjukkan bahwa tim yang kalah dengan selisih tiga gol atau lebih pada pertandingan pertama pada fase gugur hampir selalu gagal lolos ke babak selanjutnya. Sejauh yang saya tahu, salah satu klub yang masih mampu lolos setelah kalah dengan selisih gol lebih dari satu adalah Real Madrid, itupun mereka hanya kalah dengan selisih dua gol. Jadi akan menjadi suatu keajaiban sangat besar jika Barcelona masih mampu lolos ke babak perempat final setelah pertandingan kedua yang akan digelar pada awal bulan Maret depan.

Mungkinkah Trio MSN Membawa Barcelona Membalikkan
Keadaan dan Lolos ke Perempat Final ?
Sebuah keajaiban yang sangat besar jika Barcelona masih mampu lolos ke perempat final di awal bulan Maret depan. Sebab mereka harus mengalahkan PSG dengan selisih lima gol atau lebih. Melihat performa PSG pada pertandingan dini hari tadi, selisih gol tersebut sangat mungkin sekali untuk tidak terwujud. Hanya keajaiban super besar yang mampu meloloskan Barcelona ke babak selanjutnya. Itulah prediksi saya setelah melihat hasil pertandingan pertama PSG melawan Barcelona FC.

Nah, mungkinkah Barcelona membalikkan keadaan dan lolos ke perempat final Liga Champions 2016/2017 ? Kita semua hanya bisa memprediksi berdasarkan data dan fakta yang ada, namun kepastiannya hanya akan terjawab setelah pertandingan kedua nanti. Walaupun tampak mustahil, tetapi tidak ada yang benar-benar mustahil di dunia ini, begitu juga di sepak bola. Telah banyak pertandingan yang memiliki skor yang sebetulnya mustahil menurut penilaian kita tetapi akhirnya jadi kenyataan. Mari kita nantikan saja hasil akhirnya awal bulan depan. Sekian.

Tickerbar