Wednesday 28 September 2011

Sebuah Masa Pencarian

Dalam dua tahun terakhir, saya menyadari bahwa banyak hal yang tertunda saya selesaikan. Saya menyadarinya, bukan tidak menyadarinya. Saya sedikit menyesal, namun pada akhirnya saya tidak sepenuhnya menyesal, sebab akhirnya saya menyadari bahwa masa sekitar dua tahun terakhir sepertinya akan menjadi masa paling penting dalam seluruh perjalanan hidup saya selanjutnya. Saya tidak akan pernah menyesali lagi apa yang telah terjadi dua tahun terakhir, justru saya merasa sangat beruntung.
Saya menyebut dua tahun terakhir yang seperti seolah saya habiskan dengan begitu saja tanpa menciptakan atau menghasilkan sesuatu yang benar-benar bermanfaat sebagai suatu masa pencarian. Dua tahun terakhir saya seolah terombang-ambing dan mencoba banyak sekali hal, namun saya justru bersyukur sebab saya memperoleh banyak sekali yang saya yakin tidak akan pernah saya dapatkan seandainya saya tidak mencobanya. Saya memperoleh banyak pengalaman baru, ilmu baru, serta sejumlah hal baru lain yang tidak pernah akan saya dapatkan dari kuliah. Dua tahun terakhir pula adalah suatu masa dimana akhirnya saya menyadari bahwa kecintaan terbesar saya tetaplah di bidang teknologi informasi, khususnya pemrograman.
Semua pengalaman, baik maupun buruk, yang terjadi dua tahun terakhir adalah pengalaman yang pada akhirnya membuat saya semakin memahami apa saja yang menjadi kecintaan atau passion saya. Melalui pengalaman selama dua tahun terakhir pula, saya menjadi semakin mengetahui bakat-bakat unik saya yang berbeda dibandingkan orang lain. Bakat-bakat yang telah dianugerahkan serta dipercayakan kepada saya dan menjadi tanggung jawab saya untuk mengembangkannya hingga mencapai potensi paling maksimalnya. Sungguh, saya tidak akan pernah menyesali lagi semua yang telah terjadi selama dua tahun terakhir. Semua pengalaman yang saya percaya, suatu saat nanti akan membantu saya menjadi seorang yang sangat sukses di bidang teknologi informasi maupun di bidang apapun yang akan saya terjuni.
Jadi kesimpulan ringkas saya, terkadang dalam seluruh perjalanan hidup kita, kita perlu melalui masa-masa dimana seolah-olah kita tidak pernah benar-benar tahu kemana kita akan melangkah atau apa yang ingin kita lakukan, tetapi satu hal yang coba saya katakan bahwa masa-masa tersebut tidak akan pernah sia-sia. Masa-masa tersebut akan menjadi suatu bagian dimana kita sedang coba memahami diri kita sendiri yang sesungguhnya. Masa-masa dimana kita akan semakin mengenali apa yang kita inginkan, apa yang menjadi hasrat kita, dan apa yang menjadi tujuan hidup kita. Setiap kita yang hidup di dunia pasti diberi suatu tujuan serta bakat-bakat yang unik, yang perlu kita lakukan adalah mencoba sebanyak mungkin hal untuk mengetahui dengan pasti dimana bakat kita, apa yang benar-benar menarik perhatian kita, serta apa yang menjadi passion terbesar kita dalam hidup. Jangan khawatir, semua proses yang tampaknya tidak baik tersebut bukanlah sesuatu yang sepenuhnya tidak baik. Kita hanya sedang berada suatu masa dimana kita sedang mencoba menemukan diri kita yang sesungguhnya. Kita sedang berada pada suatu masa yang akan membawa kita pada pengenalan jati diri kita yang sejati. Jalani dan manfaatkan masa tersebut sebaik mungkin untuk memperoleh pengenalan diri yang sejati.

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger