Friday 17 December 2010

Harus Serius !

Ide untuk tulisan ini sebenarnya sudah muncul beberapa hari yang lalu, namun karena sibuk belajar dan memikirkan tentang pengerjaan proyek yang sedang serta masih saya kerjakan, maka ide tentang tulisan ini sempat menghilang dari pikiran. Beruntungnya, saat sedang membaca sebuah artikel dari Presiden Direktur Frisian Flag Indonesia, saya teringat kembali akan ide yang sempat hilang tersebut. Berikut gagasan saya.
Secara pribadi, saya sering mendengar ada beberapa kawan saya pernah berkata atau berujar, ‘jangan terlalu serius’ atau ‘santai saja, tidak perlu serius’ atau kalimat-kalimat sejenis. Kalimat-kalimat tersebut ditujukan untuk orang-orang yang secara kebetulan sedang berada bersama kami maupun untuk saya sendiri yang memang tergolong serius. Sering mendengar kalimat tersebut, saya menjadi hafal ucapan tersebut dan membuat saya berpikir juga, apakah saya benar-benar sangat serius atau selalu serius. Setelah saya renungkan selama beberapa waktu, ucapan tersebut memang ada benarnya. Sebagai pribadi, kita memang tidak boleh terlalu serius atau selalu serius, tapi sesekali kita perlu untuk bisa sedikit lebih rileks atau santai dalam menjalani hidup maupun aktivitas kita sehari-hari.

Akhir-akhir ini, ucapan beberapa kawan yang sudah diucapkan beberapa tahun lalu kembali terngiang di telinga saya serta kembali terlintas di pikiran saya. Setelah saya renungkan kembali lebih jauh, saya menemukan sesuatu yang melengkapi hasil renungan saya sebelumnya. Kita memang tidak boleh selalu serius, sesekali kita memang perlu santai, namun kita harus benar-benar tahu kapan saat yang tepat untuk serius dan kapan saat yang tepat untuk santai. Itulah yang saya sadari. Jika kita terlalu serius, hal tersebut akan berpengaruh terhadap kondisi pikiran kita dan membuat wajah kita terlihat tegang. Jika kita terlalu serius, orang lain juga akan tidak terlalu suka untuk berkawan atau dekat dengan kita, sebab kita tidak dapat diajak untuk bercanda atau bersenda gurau. Namun jika kita terlalu santai, orang akan menganggap kita tidak serius, tidak bisa bekerja dengan baik, tidak layak dipercaya untuk menangani pekerjaan-pekerjaan penting, atau bahkan tidak dapat bekerja. Selain itu, jika kita terlalu santai, maka akan ada banyak pekerjaan atau tanggung jawab kita yang terbengkalai.
Setelah tambahan terbaru untuk renungan saya sebelumnya tersebut, sekitar tiga hari yang lalu saya menemukan satu tambahan kesadaran lagi yang sekali lagi melengkapi hasil renungan yang sebelumnya. Kesadaran tersebut mengatakan bahwa kita harus serius dalam setiap pekerjaan kita atau dalam hal-hal yang ingin kita pastikan memberikan hasil yang terbaik baik bagi orang lain maupun bagi diri kita sendiri. Ya, kita harus serius dalam mengerjakan segala sesuatu sebab jika tidak kita tidak akan memperoleh hasil yang prima dari apa yang kita kerjakan. Bagi para atlet yang ingin menjadi juara dalam kompetisi yang akan mereka ikuti, mereka harus serius dalam berlatih dan mempersiapkan diri. Bagi para siswa yang ingin memperoleh hasil ujian atau nilai rapor yang bagus, mereka harus serius dalam belajar serta mengerjakan tugas-tugasnya. Bagi para seniman yang ingin menghasilkan karya seni yang bagus, luar biasa, hebat, maka mereka harus mengerjakan setiap karyanya dengan serius dan penuh ketelitian. Hal yang sama juga berlaku bagi setiap orang yang ingin menjadi yang terbaik.
Itulah kesadaran demi kesadaran yang muncul dalam benak saya tentang keseriusan kita. Kesimpulan saya pribadi, jika kita ingin sukses atau ingin menjadi yang terbaik dalam bidang kita atau dalam apapun yang kita kerjakan, maka kita harus serius. Bagaimana menurut kalian ?

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger